Advertorial

LKPj Sebagai Indikator Kinerja Kepala SKPD



Kamis, 20 Februari 2020 | 13:15:24 WIB Penulis: Yansah Asari

Bertempat di Aula Kantor Bappeda Sarolangun, Rabu (19/2), Seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) tahun 2019 kepada Bupati Cek Endra.

Kepala Bappeda Sarolangun, Lukman, mengatakan seluruh kepala SKPD diminta memaparkan realisasi keuangan hingga pencapaian pembangunan tahun anggaran 2019.

"Tujuan kita laksanakan kegiatan ini adalah sebagai pertanggungjawaban masing-masing kepala SKPD terhadap Bapak Bupati. Mulai dari mengklarifikasi hingga melihat sejauh mana program dan kegiatan tahun anggaran 2019 terealisasi di masing-masing OPD," katanya.

Lanjut Lukman, pemaparan LKPj oleh masing-masing SKPD juga sebagai persiapan pembahasan RKPJ yang akan dilaksanakan Pemkab Sarolangun bersama DPRD Sarolangun.

"Sehingga nantinya laporan yang disampaikan ini sudah menggambarkan kondisi yang sebenarnya. Terkait realisasi program dan kegiatan yang telah dilaksanakan," ujarnya.

Dijelaskan Lukman, terdapat beberapa tujuan dilaksanakannya kegiatan pemaparan LKPj tersebut. Diantaranya, sebagai indikator kinerja kepala SKPD, sebagai input data pada LAKIP tahun 2019 dan mengetahui realisasi serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi selama pelaksanaan program kerja dan kegiatan tahun anggaran 2019.

"Sehingga ini nantinya akan menjadi bahan evaluasi dan perbaikan pada pelaksanaan program dan kegiatan tahun anggaran 2020 ini," timpalnya.

Sementara itu, Bupati Sarolangun, H. Cek Endra, dalam sambutannya berharap, pemaparan LKPj ini menjadi bahan perbaikan bagi masing-masing OPD untuk lebih meningkatkan kinerja.

"Ini adalah indikator kinerja masing-masing OPD. Sejauh mana program dan kegiatan itu dilaksanakan, berapa realisasinya, berapa target yang tercapai, kemudian yang tidak tercapai kendalanya apa?. Hal-hal seperti ini harus diketahui oleh masing-masing SKPD, jadi LKPj bukan hanya sekadar angka. Tapi bagaimana kita bisa lebih kreatif dalam meningkatkan kinerja ke depan," kata CE.

"Saya minta ke depan, acara ini dilaksanakan beberapa hari. Kita akan minta masing-masing SKPD untuk tampil kedepan memaparkan kinerjanya masing-masing," CE menambahkan.

Berikan Komentar via Facebook :
Advertesmen
  • JOIN US
© Sarolangun News 2015. All rights reserved

Developed by: JambiWeb